Selasa, 05 April 2011

ALAT EVALUASI DIRI MADRASAH


 

ALAT EVALUASI DIRI MADRASAH

 

Instrumen untuk Evaluasi Diri Madrasah Daftar Isi

Nomor

Bagian

Halaman

 

Dengan Bantuan Pedoman Penggunaan

4

1.     

Standar Sarana dan Prasarana

8

1.1.         

Apakah sarana madrasah sudah memadai?

9

1.2.         

Apakah madrasah dalam kondisi terpelihara baik?

10

 

 

 

2.     

Standar Isi

11

2.1.         

Apakah kurikulum  sudah sesuai dan relevan?

12

2.2.         

Bagaimana madrasah menyediakan apa yang dibutuhkan dalam pengembangan pribadi pserta didik?

14

 

 

 

3.     

Standar Proses

16

3.1.         

Apakah silabus sudah sesuai dan relevan?

17

3.2.         

Apakah RPP direncanakan untuk mencapai pembelajaran efektif?

19

3.3.         

Apakah sumber belajar untuk pembelajaran dapat diakses dan dipergunakan secara tepat?

21

3.4.         

Apakah pembelajaran menerapkan prinsip-prinsip PAKEM/CTL?

23

3.5.         

Apakah madrasah memenuhi kebutuhan sarana peserta didik?

25

3.6.         

Bagaimana cara madrasah mempromosikan dan mempertahankan etos pencapaian prestasi?

27

 

 

 

4.     

Standar Penilaian Pendidikan

29

4.1.         

Sistem apakah yang sudah tersedia untuk memberikan penilaian bagi peserta didik, baik dalam bidang akademik maupun non akademik?

 

30

4.2.         

Bagaimana penilaian berdampak pada proses belajar?

32

4.3.         

Apakah orang tua peserta didik terlibat dalam proses belajar anak mereka?

33

 

 

 

5.     

Standar Kompetensi Lulusan

35

5.1.         

Apakah peserta didik dapat mencapai prestasi akademik yang diharapkan?

36

5.2.         
Apakah peserta didik dapat mengembangkan potensi secara penuh sebagai anggota masyarakat?

38

 

 

 

6.     

Standar Pengelolaan

40

6.1.         

Apakah kinerja pengelolaan berdasarkan kerja tim dan kemitraan yang kuat, dengan visi dan misi yang jelas dan diketahui oleh semua pihak?

41

6.2.         

Apakah ada tujuan dan rencana untuk perbaikan yang memadai?

43

6.3.         

Dampak rencana pengembangan madrasah terhadap peningkatan hasil belajar

45

6.4.         

Bagaimanakah cara pengumpulan dan penggunaan data yang handal dan valid?

47

6.5.         

Bagaimana cara mendukung dan memberikan kesempatan pengembangan profesi bagai para pendidik dan tenaga kependidikan?

49

6.6.         

Bagaimana cara masyarakat sekitar mengambil bagian dalam kehidupan madrasah?

51

 

 

 

7.     

Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan

52

7.1.         

Apakah pemenuhan jumlah guru dan pegawai lain sudah memenuhi?

53

 

 

 

8.     

Standar Pembiayaan

54

8.1.         

Bagaimana madrasah mengelola keuangan?

55

8.2.         

Upaya apakah yang telah dilaksanakan oleh madrasah untuk mendapatkan tambahan dukungan pembiayaan lainnya?

57

8.3.         

Bagaimana cara madrasah menjamin kesetaraan akses?

58

 

 

 


Alat Evaluasi Diri Madrasah
Dengan Bantuan Pedoman Penggunaan




Alat ini dimaksudkan untuk digunakan di madrasah sebagai pedoman proses evaluasi diri madrasah. Untuk melakukan proses tersebut, kepala madrasah bersama pengawas, melakukan kerjasama dan membimbing tim penilai dan perningkatan madrasah dalam melakukan proses evaluasi. Di samping kepala madrasah dan pengawas, tim ini mengikutsertakan pula perwakilan komite madrasah, guru, orang tua yang tidak menjadi pengurus komite madrasah, dan apabila dirasakan perlu mengikutsertakan pula tokoh masyarakat atau tokoh agama setempat. Alat ini  khusus dirancang  untuk digunakan oleh tim dalam melakukan penilaian dan peningkatan madrasah  segera setelah mengikuti pelatihan empat (4) hari.

1. Apakah yang dimaksud dengan Evaluasi Diri Madrasah?
  • Evaluasi diri madrasah adalah proses yang mengikutsertakan semua pemangku kepentingan  yang memungkinkan madrasah menilai mutu penyelenggaraan pendidikan dibandingkan dengan indikator-indikator kunci, sehingga dengan cara demikian kekuatan dan kemajuan yang dicapai dapat diketahui, sementara aspek-aspek yang memerlukan peningkatan dapat diidentifikasi.
  • Proses evaluasi diri madrasah merupakan siklus, yang dimulai setelah  pembentukan tim evaluasi dan peningkatan madrasah  selesai menyelesaikan pelatihan 4 hari.
  • Tim mengumpulkan informasi dari berbagai sumber untuk menilai kinerja madrasah didasarkan atas indikator-indikator yang dirumuskan dalam alat evaluasi diri madrasah. Kegiatan ini melibatkan semua staf madrasah serta mengupayakan memperoleh pendapat dari seluruh pemangku kepentingan di madrasah. Selama proses kegiatan dilakukan, diharapkan ada satu visi yang jelas  menyangkut wujud kinerja madrasah yang diinginkan.
  •  Informasi yang dikumpulkan  digunakan sebagai bahan untuk menetapkan aspek mana yang menjadi prioritas dalam perencanaan peningkatan dan pengembangan madrasah.
  • Laporan dikirim ke Kantor Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota untuk memberikan informasi mengenai kinerja madrasah terkait dengan  standar nasional pendidikan dan mutu pendidikan di madrasah bagi penyusunan perencanaan pada tingkat kabupaten/kota, propinsi, dan nasional.

2. Apa yang diperoleh madrasah dari hasil evaluasi diri madrasah?
  • Seberapa baik kinerja madrasah? Informasi dikumpulkan mengenai seberapa baik pengelolaan madrasah memenuhi standar nasional pendidikan dari BNSP yang digunakan sebagai kriteria untuk perencanaan pengembangan madrasah.
  • Bagaimana kita  mengetahui kinerja madrasah? Informasi yang dikumpulkan diverifikasi dengan bukti-bukti yang memungkinkan diketahuinya hasil-hasil yang dicapai madrasah.
  • Bagaimana kita memperbaiki madrasah? Madrasah menggunakan informasi yang dikumpulkan  untuk menetapkan apa yang menjadi prioritas bagi peningkatan madrasah dan digunakan untuk mempersiapkan rencana pengembangan madrasah.
3. Keuntungan apa yang akan diperoleh madrasah dari evaluasi diri madrasah?
  • Madrasah mampu mengenal kekuatan-kekuatan  yang dimilikinya dan menyusun perencanaan bagi pengembangan lanjut.
  • Madrasah mampu mengenal tantangan yang dihadapi dan mengdianosis jenis kebutuhan untuk perbaikan
  • Madrasah mampu mengenal peluang untuk memperbaiki mutu pendidikan,  menilai keberhasilan keterlaksanaan upaya peningkatan, serta melakukan penyesuaian program-program yang ada.
  • Madrasah dapat menyediakan laporan resmi kepada para pemangku kepentingan tentang kemajuan dan hasil-hasil yang dicapai.
4. Seberapa sering madrasah melakukan evaluasi diri?
  • Madrasah malakukan proses evaluasi diri setiap tahun.
5. Bagaimana tim evaluasi diri dan peningkatan madrasah menggunakan alat?
Alat yang tersedia disusun menjadi 8 (delapan) seksi sesuai  dengan 8 (delapan) standar nasional pendidikan. Setiap bagian terdiri atas :
·         Satu rangkaian pertanyaan yang terkait dengan standar nasional pendidikan di mana madrasah mendapatkan jawaban qualitatif  menyangkut kinerjanya.
·         Sejumlah pertanyaan terkait dengan 8 (delapan) standar nasional pendidikan yang paling erat hubungannya dengan mutu belajar-mengajar, serta aspek-aspek yang perlu dikembangkan  bagi keperluan menyusun perencanaan peningkatan madrasah.
·         Tingkat pencapaian yang dirumuskan dapat digunakan madrasah melakukan penilaian sendiri.


6.Bagaimana madrasah menggunakan tingkat pencapaian?
  • Tingkat pencapaian menggambarkan keadaan seperti apa kondisi  kinerja madrasah sampai saat ini terkait dengan pertanyaan tertentu.
  • Madrasah menetapkan pada posisi pencapaian kinerja tingkat  mana, bukan sekedar memberikan tanda cek pada setiap butir dalam daftar.
  • Madrasah dimungkinkan mencapai  tingkat pencapaian yang berbeda dalam aspek yang berbeda pula. Hal ini penting di mana laporan madrasah menunjukkan kenyataan apa adanya, sehingga dalam setiap pelaksanaan  evaluasi diri yang dilakukan setiap tahun, madrasah dapat melakukan perbaikan secara terus-menerus.
  • Dengan menggunakan alat evaluasi diri, madrasah mengukur dampaknya terhadap berbagai upaya bagi kepentingan peserta didik dan kegiatan belajar mereka, dan setiap tahun memeriksa hasil dan dampaknya terhadap perbaikan layanan belajar-mengajar untuk memenuhi kebutuhan pembelajaran.
7. Jenis bukti apa yang dapat ditunjukkan?
  • Bukti yang  menggambarkan pencapaian harus sesuai dengan tindakan penilaian yang dilakukan. Untuk kepentingan itu perlu dimanfaatkan berbagai sumber informasi, yang meliputi kajian catatan, melakukan observasi, dan konsultasi dengan berbagai kelompok pemangku kepentingan seperti komite madrasah, orang tua, guru-guru, para siswa dan unsur lain yang relevan. Perlu diingatkan bahwa informasi kualitatif yang menggambarkan kenyataan yang sesungguhnya dapat dikumpulkan,  berupa informasi kuantitatif. Sebagai contoh, keberadaan perencanaan pengajaran tidak sekedar merupakan catatan mengenai bagaimana pengajaran diajarkan, karena dokumen kurikulum bukanlah bukti dari satu standar dalam hal bagaimana kurikulum disampaikan, sementara sumber-sumber yang tersedia tidak digunakan secara efektif.
  • Berbagai jenis bukti yang dapat digunakan madrasah untuk menunjukkan tingkat pencapaian disajikan pada setiap pertanyaan, dan daftar lengkap mengenai jenis-jenis bukti yang dapat digunakan akan diberikan kepada tim dari masing-masing madrasah pada saat pelatihan. Madrasah dapat menyediakan sumber bukti lainnya apabila hal itu dianggap perlu.


  1. Bagaimana proses evaluasi diri madrasah membantu kita dalam merencanakan pengembangan madrasah?
·         Tim penilaian dan peningkatan madrasah akan menganalisis informasi yang dikumpulkan, dan menggunakannya untuk mengidentifikasi dan menetapkan prioritas apa yang diutamakan, untuk selanjutnya menjadi bahan penyusunan rencana pengembangan madrasah.
·         Didasarkan atas informasi yang terkumpul, rencana pengembangan madrasah akan memuat hal-hal yang terbatas sebagai prioritas peningkatan dengan rumusan hasil yang jelas bagi peningkatan mutu dan hasil belajar. Keadaan tersebut dapat diobservasi dan jika mungkin dapat diukur. Dengan memanfaatkan informasi yan g tepat, rencana pengembangan madrasah menggambarkan tanggung jawab implementasi, skala dan batas waktu, serta ukuran keberhasilannya.
·         Proses evaluasi diri madrasah adalah mengenai perubahan dan peningkatan. Hal tersebut hanya bermanfaat apabila diwujudkan dalam perencanaan bagi peningkatan mutu pendidikan dan hasil belajar  peserta didik Diharapkan dengan adanya ragam data dan informasi yang diperoleh dari hasil evaluasi diri madrasah, tidak hanya madrasah dapat merumuskan perencanaan pengembangan dengan tepat, akan tetapi penilaian kemajuan di masa depan akan lebih mudah dilakukan dengan tersedianya data yang dapat dipercaya. Hal tersebut dengan sendirinya memudahkan madrasah untuk menunjukkan hasil-hasil upaya peningkatan setiap saat.
  1. Laporan apa yang perlu kita siapkan?
·         Madrasah menyusun satu laporan evaluasi dengan menggunakan format yang terpisah, yang menyajikan tingkat pencapaian serta bukti-bukti yang digunakannya. Laporan tersebut disampaikan ke Kantor Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota untuk kepentingan analisis lanjut dengan memanfaatkan sistem EMIS bagi keperluan perencanaan dan berbagai kegiatan peningkatan mutu.
·         Laporan madrasah yang mengungkapkan berbagai temuan dapat digunakan untuk melakukan validasi internal oleh pengawas madrasah, dan juga dapat digunakan untuk melakukan validasi external dengan menggunakan sample madrasah oleh Kelompok Kerja pengawas Madrasah pada tingkat kecamatan dengan bantuan staf penjaminan mutu dari LPMP.

 

 


1.   Sarana dan Prasaran

1.1.      Apakah sarana madrasah sudah memadai?

Spesifikasi menurut standar sarana dan prasarana

  • Madrasah mematuhi standar terkait dengan sarana dan prasarana (ukuran ruangan, jumlah ruangan, dan persyaratan untuk sistem ventilasi, dll)
  • Madrasah mematuhi standar  terkait dengan jumlah peserta didik dalam kelompok belajar
  • Madrasah mematuhi standar  terkait dengan penyediaan alat dan sumber belajar termasuk buku pelajaran

Indikator Pencapaian

Contoh indikator pencapaian pada

Tingkat 4

Contoh indikator pencapaian pada Tingkat 3

Contoh indikator pencapaian pada

Tingkat 2

Contoh indikator pencapaian pada Tingkat 1


 


 

 

 


Ø  adrasah kami melebihi standar terkait dengan sarana, prasarana dan peralatan. Kami  menyediakan sumber daya melebihi apa yang dipersyaratkan agar dapat meningkatkan proses belajar mengajar

Ø  Jumlah siswa dalam kelompok belajar kami lebih kecil dari yang ditetapkan dalam standar


Ø  Madrasah kami memenuhi standar terkait dengan sarana, prasarana dan peralatan

Ø  Madrasah kami memberikan lingkungan yang aman dan nyaman dengan jumlah perbandingan guru dan peserta didik yang seimbang
Ø   Madrasah kami mematuhi standar terkait dengan sarana dan prasarana
Ø  Beberapa kelas kami diisi peserta didik melebihi jumlah yang ditetapkan dalam standar
Ø  Madrasah kami tidak selalu memiliki  alat-alat yang dibutuhkan untuk memenuhi ketetapan dalam standar
Ø   Bangunan kami tidak memenuhi standar dari segi ukuran atau jumlah ruangan
Ø  Kebanyakan ruang kelas kami diisi terlalu banyak peserta didik dan kami tidak mampu memenuhi standar
Ø  Peralatan dan sumber daya kami yang terbatas kebanyakan sudah ketinggalan jaman dan dalam kondisi buruk

Bukti-bukti prestasi madrasah

(Mohon beri tanda centang pada jenis bukti berikut)

Ringkasan prestasi madrasah menurut indikator dan berdasarkan bukti

 

Tingkat yang dicapai

Catatan mengenai ukuran ruangan, jumlah dan sarana prasarana

Ukuran kelompok belajar
Catatan peralatan dan sumber belajar
Catatan pengeluaran
Lainnya (mohon jelaskan)

 

 

1.2.      Apakah madrasah dalam kondisi terpelihara dan baik?


Spesifikasi dalam standar sarana dan prasarana

q Bangunan

Ÿ  Bangunan madrasah memenuhi semua ketentuan standar,  dalam ukuran dan jumlah

Ÿ  Pemeliharaan bangunan dilaksanakan paling tidak setiap 5 tahun sekali

Ÿ  Bangunan  mudah, aman, dan nyaman untuk semua peserta didik, termasuk  penyandang cacat .


Indikator Pencapaian


Contoh indikator pencapaian pada

Tingkat 4

Contoh indikator pencapaian pada Tingkat 3

Contoh indikator pencapaian pada

Tingkat 2

Contoh indikator pencapaian pada Tingkat 1


Ø  Madrasah kami aman, sehat, nyaman, menyenangkan, menarik dan mendorong terciptanya suasana bekerja dan belajar bagi peserta didik dan warga madrasah lainnya

Ø  Lahan, bangunan dan prasarana, termasuk toilet, dalam keadaan bersih, sehat,  dan terpelihara

Ø  Madrasah melakukan perbaikan  untuk menjamin bahwa madrasah dapat diakses dengan mudah oleh semua peserta didik,  termasuk  mereka yang berkebutuhan khusus

Ø  Lahan, bangunan dan fasilitas madrasah kami terpelihara dengan baik dan sesuai dengan standar
Ø  Perabot beserta alat-alat dan kelengkapan lainnya berada dalam kondisi yang baik

Ø  Madrasah kami  memiliki kebijakan untuk membantu menyediakan akses bagi peserta didik  yang berkebutuhan khusus

Ø  Madrasah membutuhkan pemeliharaan, dan  masih  berusaha menyediakan lingkungan yang lebih menarik dan memberikan rangsangan
Ø  Kami akan mempertimbangkan kebutuhan akses bagi peserta didik yang berkebutuhan khusus jika memang ada kebutuhan

Ø  Sebagian prasarana kami harus diperbaiki atau diganti

Ø  Madrasah kami harus dijaga agar lebih bersih

Ø  Kami belum mempertimbangkan mengenai akses bagi peserta didik yang berkebutuhan khusus

Bukti-bukti prestasi madrasah

(Mohon beri tanda centang pada jenis bukti berikut)

Ringkasan prestasi madrasah menurut indikator dan berdasarkan bukti

 

Tingkat yang dicapai


·       Catatan pengeluaran

 


·       Observasi

 


·       Pendapat peserta didik

 


·       Pendapat guru

 


·       Kehadiran peserta didik yang berkebutuhan khusus

 


·       Lain-lain (silahkan jelaskan)





 





















2.   STANDAR ISI

2.1.      Apakah kurikulum sudah sesuai dan relevan?

Spesifikasi dalam standar isi

 

q Kerangka kerja dasar dan struktur kurikulum
Ÿ  Kurikulum mata pelajaran memenuhi standar untuk jenis  satuan pendidikan
q Kurikulum untuk tingkat satuan pendidikan
Ÿ Pengembangan kurikulum pada tingkat satuan pendidikan mempergunakan panduan yang memadai  yang disusun BNSP.
Ÿ Kurikulum dibuat dengan mempertimbangkan kebutuhan karakter daerah, kebutuhan sosial masyarakat dan kondisi budaya, usia peserta didik, dan kebutuhan pembelajaran

Indikator Pencapaian

Contoh indikator pencapaian pada

Tingkat 4

Contoh indikator pencapaian pada Tingkat 3

Contoh indikator pencapaian pada

Tingkat 2

Contoh indikator pencapaian pada Tingkat 1

Ø Kurikulum dikaji dan diperbaiki secara teratur dan disesuaikan dengan situasi dan kondisi daerah masing-masing
Ø Kurikulum menawarkan adanya kemajuan yang relevan, dirancang agar menciptakan suasana yang mendukung dan menyenangkan untuk berbagai usia dan kemampuan peserta didik
Ø Kurikulum memiliki fleksibilitas untuk memenuhi ragam kebutuhan semua peserta didik di madrasah
Ø Madrasah kami menawarkan berbagai mata pelajaran tambahan dengan tambahan beban belajar berdasarkan kebutuhan daerah dan tuntutan dalam masyarakat
Ø  Kurikulum sudah dibuat di madrasah dan disesuaikan dengan ciri khas dan kebutuhan daerah 
Ø  Program dan pembelajaran sudah relevan dengan tingkat perkembangan  dan minat peserta didik

Ø  Madrasah kami menawarkan mata pelajaran tambahan dengan tambahan beban belajar berdasarkan kebutuhan daerah


Ø  Kami menyesuaikan dengan standar isi, standar kompetensi lulusan, dan panduan KTSP , namun masih perlu untuk  mengembangkan sesuai dengan kebutuhan setempat.

Ø  Sebagian peserta didik kami tidak terlalu tertarik dengan mata pelajaran yang diajarkan dan kurang termotivasi  untuk belajar

Ø  Madrasah kami menawarkan beberapa mata pelajaran tambahan tetapi kami masih harus mempertimbangkan kebutuhan masyarakat dalam perencanaan kami


Ø  Madrasah berusaha mengikuti standar isi, standar kompetensi, dan panduan KTSP.
Ø  Susunan dan rancangan kurikulum kami tidak memberikan waktu kepada para peserta didik  untuk dapat menangkap dengan penuh konsep yang baru sebelum melanjutkan ke pelajaran berikutnya
Ø  Banyak peserta didik kami tidak termotivasi dan tidak tertarik dalam proses pembelajaran.
Ø  Kami sedang berusaha memenuhi persyaratan nasional dan belum dapat mempertimbangkan kebutuhan daerah dalam kurikulum kami

Bukti prestasi madrasah ((Mohon beri tanda pada jenis bukti yang dipergunakan)

Ringkasan prestasi madrasah menurut indikator dan berdasarkan bukti

Tingkat yang dicapai

Kurikulum tersedia untuk semua mata pelajaran dan semua kelompok usia di madrasah

 

 

 

Kurikulum tersedia untuk mata pelajaran tambahan untuk memenuhi kebutuhan daerah

 

Wawancara dengan orang tua peserta didik

Wawancara dengan peserta didik


 

 

Lain-lain





















2.2.      Bagaimana madrasah menyediakan apa yang dibutuhkan dalam pengembangan pribadi peserta didik?

Spesifikasi dalam standar isi

 

§  Madrasah mematuhi standar untuk menyediakan apa yang dibutuhkan bagi pengembangan pribadi peserta didik termasuk konseling dan kegiatan ekstra kurikuler

Indikator Pencapaian

Contoh indikator pencapaian pada

Tingkat 4

Contoh indikator pencapaian pada Tingkat 3

Contoh indikator pencapaian pada

Tingkat 2

Contoh indikator pencapaian pada Tingkat 1

Ø Kami menyediakan berbagai jenis kegiatan ekstra kurikuler yang disesuaikan dengan minat peserta didik kami
Ø Kami menyediakan layanan bagi peserta didik kami untuk menerima bimbingan kurikuler dan ketrampilan dari madrasah kami serta dukungan khususnya dalam hal transisi
Ø  Sudah tersedia beberapa kegiatan ekstra kurikuler bagi peserta didik kami

Ø  Kami memberikan bimbingan umum mengenai pilihan kurikuler dan ketrampilan bagi peserta didik kami, tetapi hal ini dapat dilakukan dengan lebih spesifik dan terperinci


Ø  Kami memberikan kegiatan ekstra kurikuler selama beberapa jam tetapi kegiatan tersebut tidak banyak dihadiri oleh peserta didik kami

Ø  Kami hanya memiliki pendekatan terbatas mengenai bagaimana memberikan saran tentang pilihan kurikuler dan ketrampilan kepada peserta didik kami, dan informasi yang kami miliki sudah lama dan tidak relevan lagi


Ø  Kami tidak mampu memberikan kegiatan ekstra kurikuler di madrasah kami. Kami harus memberikan lebih banyak peluang bagi peserta didik kami untuk mengembangkan tanggung jawab pribadi dan pencapaian yang lebih luas dari kurikulum
Ø  Kami mengharapkan peserta didik kami dapat membuat keputusan sendiri mengenai pilihan kurikuler dan ketrampilan


Bukti prestasi madrasah ((Mohon beri tanda pada jenis bukti yang dipergunakan)

Ringkasan prestasi madrasah menurut indikator dan berdasarkan bukti

Tingkat yang dicapai

Wawancara peserta didik

 

 

 

Wawancara orang tua peserta didik

 

Observasi

Laporan mengenai kegiatan madrasah


Lain-lain


















3.   STANDAR PROSES BELAJAR

3.1.      Apakah silabus sudah sesuai dan relevan?

Spesifikasi dalam standar proses belajar

 

Standar proses belajar

A: Silabus
Ÿ Silabus dikembangkan berdasarkan standar isi, standar kompetensi kelulusan dan panduan kurikulum (KTSP)

Ÿ Silabus diarahkan pada pencapaian standar standar kompetensi lulusan

Indikator Pencapaian

Contoh indikator pencapaian pada

Tingkat 4

Contoh indikator pencapaian pada Tingkat 3

Contoh indikator pencapaian pada

Tingkat 2

Contoh indikator pencapaian pada Tingkat 1

Ø Silabus dikaji dan diperbaiki secara teratur dan disesuaikan dengan situasi dan kondisi daerah masing-masing
Ø Silabus menawarkan adanya kemajuan yang relevan, dirancang agar menciptakan suasana yang mendukung dan menyenangkan untuk berbagai usia dan kemampuan peserta didik
Ø Silabus memiliki fleksibilitas untuk memenuhi ragam kebutuhan semua peserta didik di madrasah
Ø  Silabus sudah dibuat di madrasah dan disesuaikan dengan kebutuhan daerah 
Ø  Program dan pembelajaran sudah relevan dengan tingkat perkembangan  dan minat peserta didik
Ø  Kami mempertimbangkan keterkaitan antar mata pelajaran dan komponennya dalam pembuatan silabus kami


Ø  Kami menyesuaikan dengan standar isi, standar kompetensi lulusan, dan panduan KTSP , namun masih perlu untuk  mengembangkan silabus sesuai dengan kebutuhan setempat.

Ø  Peserta didik kami kadangkala merasa mata pelajaran dan program yang kami berikan tidak relevan dengan kebutuhan mereka


Ø  Madrasah berusaha mengikuti standar isi, standar kompetensi, dan panduan KTSP.
Ø  Susunan dan rancangan silabus kami tidak memberikan waktu kepada para peserta didik kami untuk dapat menangkap dengan penuh konsep yang baru sebelum melanjutkan ke pelajaran berikutnye
Ø  Kami harus mempertimbangkan usia dan minat peserta didik kami saat membuat program dan mata pelajaran









Bukti prestasi madrasah ((Mohon beri tanda pada jenis bukti yang dipergunakan)

Ringkasan prestasi madrasah menurut indikator dan berdasarkan bukti

Tingkat yang dicapai

Silabus tersedia untuk semua mata pelajaran dan semua kelompok usia di madrasah

 

 

 

Wawancara dengan orang tua peserta didik

Wawancara dengan peserta didik


Lain-lain





















3.2.      Apakah RPP direncanakan untuk mencapai pembelajaran efektif

Spesifikasi dalam standar proses belajar


B: Rencana Pelaksanaan Pembelajar
Ÿ  Prinsip- prinsip perencanaan pembelajaran - Setiap guru harus mempersiapkan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) mencakup identitas mata pelajaran, standar kompetensi, tujuan belajar, bahan mengajar, alokasi waktu,  metode belajar, dan evaluasi. Kegiatan belajar mencakup pendahuluan, kegiatan inti , dan penutup

Indikator Pencapaian

Contoh indikator pencapaian pada

Tingkat 4

Contoh indikator pencapaian pada Tingkat 3

Contoh indikator pencapaian pada

Tingkat 2

Contoh indikator pencapaian pada Tingkat 1

Ø Semua mata pelajaran  direncanakan dengan jelas dan mencakup penggunaan ragam sumber belajar dan metode yang bervariasi.

Ø Pembelajaran di madrasah  direncanakan sesuai dengan prinsip-prinsip penyusunan RPP.

Ø Pembelajaran di madrasah kami direncanakan untuk mencakup tingkatan dimana peserta didik dapat mengkaji pembelajaran sebelumnya,  pengenalan kepada pelajaran baru dan agar peserta didik dapat mempraktekkan keahlian/ mengembangkan pengetahuan
Ø Para guru kami mereviu rencana pelajaran mereka setelah penyampaian pelajaran dan berfokus pada pelajaran selanjutnya
Ø Guru-guru menggunakan perencanaan tahunan, semester, dan RPP untuk merencanakan urutan pembelajaran berdasarkan tingkatan pembelajaran
Ø Para guru kami kadangkala mereviu rencana pelajaran setelah mengajar untuk membantu merencanakan pelajaran selanjutnya
Ø Kepala madrasah kami meriviu semua  rencana pembelajaran dan memberikan saran dan bimbingan.
Ø Para guru kami mempertimbangkan berbagai kebutuhan pembelajaran yang berbeda dan merencanakan pelajaran berdasarkan kebutuhan tersebut
Ø Para guru kami biasanya membuat rencana belajar tetapi kebanyakan hanya mengulang saja
Ø Kami perlu memasukkan lebih banyak lagi jenis bahan-bahan belajar mengajar dalam rencana belajar yang kami buat
Ø Kepala madrasah kadang-kadang mereviu rencana pembelajaran dan menawarkan saran dan bimbingan

Ø Para guru di madrasah kami hanya membuat rencana pelajaran untuk mata pelajaran khusus saja
Ø Kami merencanakan pengajaran berdasarkan pada isi buku pelajaran
Ø Kepala madrasah kami tidak meriviu rencana pengajaran yang kami buat atau menawarkan saran dan dukungan















Bukti-bukti prestasi madrasah

(Mohon beri tanda pada jenis bukti yang dipergunakan)

Ringkasan prestasi madrasah menurut indikator dan berdasarkan bukti

Tingkat yang dicapai

Reviu RPP

 

 

 

Observasi kelas

 

Interviu guru

 

Interviu peserta didik

 

Lainnya

























3.3.      Apakah sumber belajar untuk pembelajaran dapat diakses dan dipergunakan secara  tepat?

 

Spesifikasi dalam standar proses belajar


Implementasi Proses Belajar
·       Selain buku text pelajaran, guru menggunakan buku panduan guru, buku pengayaan, buku referensi dan sumber belajar lainnya.

Indikator Pencapaian


Contoh indikator pencapaian pada

Tingkat 4

Contoh indikator pencapaian pada Tingkat 3

Contoh indikator pencapaian pada

Tingkat 2

Contoh indikator pencapaian pada Tingkat 1


Ø Madrasah memiliki berbagai jenis sumber belajar  dan media, dan kesemuanya itu dipergunakan secara tepat untuk membantu dan memotivasi peserta didik (bila ada mencakup TIK).

Ø Madrasah menggunakan sumber belajar yang tersedia di lingkungan sekitar madrasah.

Ø Madrasah memajang hasil karya peserta didik  sebagai sumber belajar dan dipergunakan untuk belajar,  dan diganti secara berkala  sesuai kebutuhan pembelajaran.
Ø Madrasah  menggunakan peralatan dengan tepat dan menggantikan bahan habis pakai.

Ø Sebagian guru-guru kami kreatif dalam memilih bahan pembelajaran.

Ø Pajangan kelas  berpusat pada proses pembelajaran dan diganti  secara berkala.

Ø Madrasah menggunakan peralatan yang diberikan tetapi hanya pada mata pelajaran tertentu.


Ø Di madrasah kami  bahan habis pakai hanya dapat digantikan satu kali dalam satu tahun

Ø Guru-guru di madrasah kami membutuhkan   bantuan untuk menggunakan dan membuat alat peraga

Ø Madrasah tidak secara reguler memanfaatkan pajangan  kelas 

Ø Pengajaran sepenuhnya bergantung pada buku pelajaran


Ø Bahan bacaan tambahan kami kondisinya sudah jelek dan ketinggalan jaman

Ø Guru-guru kami membutuhkan pelatihan mengenai cara mempersiapkan dan menggunakan alat peraga.

Ø Madrasah tidak pernah menggunakan pajangan kelas












Bukti-bukti prestasi madrasah

(Mohon beri tanda pada jenis bukti berikut)

Ringkasan prestasi madrasah menurut indikator dan berdasarkan bukti

Tingkat yang dicapai

Jumlah dan jenis buku pelajaran yang dipergunakan

 

 

 




Ketersediaan dan penggunaan bahan bacaan tambahan

 

Observasi kelas menunjukkan penggunaan alat peraga dan hasil karya peserta didik dipajang

 

Wawancara dengan peserta didik

 

Lain-lain (tuliskan)










 

 

3.4.      Apakah  pembelajaran  menerapkan prinsip-prinsip PAKEM/CTL?

Spesifikasi dalam standar proses belajar

q Implementasi proses belajar
Ÿ  Para guru mengimplementasikan rencana belajar dengan mempergunakan metode yang interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang dan memotivasi peserta didik 
Ÿ  Para peserta didik berpeluang untuk  melakukan ekplorasi, elaborasi,  dan  konfirmasi
Ÿ  Para Guru memiliki kemampuan  mengimplementasikan pengelolaan kelas yang efektif

Indikator Pencapaian

Contoh indikator pencapaian pada

Tingkat 4

Contoh indikator pencapaian pada Tingkat 3

Contoh indikator pencapaian pada

Tingkat 2

Contoh indikator pencapaian pada Tingkat 1


Ø Madrasah menyediakan lingkungan belajar yang kondusif terhadap proses PAKEM (Pembelajaran aktif, kreatif, efektif, dan menyenangkan/CTL (Belajar-Mengajar Kontekstual)
Ø Pembelajaran menggunakan variasi metode mengajar tepat sesuai dengan karakter mata pelajaran dan siswa.
Ø Peserta didik bekerja secara  mandiri dan dalam kelompok dengan peserta didik lainnya untuk mencari penyelesaian masalah
Ø Semua peserta didik menyatakan minat mereka pada pembelajaran yang mereka lakukan dan terlibat aktif dalam proses belajar
Ø  Guru-guru menggunakan  variasi metode mengajar
Ø  Pembelajaran dilaksanakan  dengan pentahapan (irama) yang tepat dan menarik
Ø  Semua peserta didik  didorong untuk menyalurkan ide-ide dan pendapat mereka serta diberikan kesempatan untuk menggali, memperluas dan mengkonfirmasikan pengetahuan dan ketrampilan baru mereka
Ø  Sebagian besar peserta didik terlibat dalam proses belajar
Ø  Guru-guru cenderung menggunakan metode klasikal, dan jarang menggunakan variasi metode mengajar.
Ø  Proses mengajar berfokus pada menyelesaikan kurikulum dan tidak mempertimbangkan berbagai kebutuhan belajar
Ø  Para guru cenderung untuk mengarahkan proses belajar dan tidak memberikan banyak peluang bagi peserta didik untuk menyalurkan pendapat atau terlibat secara aktif 
Ø  Beberapa anak-didik menunjukkan kurang motivasi dan tidak terlibat dalam proses belajar.

Ø  Cara mengajar kami diarahkan pada seluruh kelas dan hanya berdasar pada buku pelajaran saja

Ø  Tidak ada variasi dalam metodologi mengajar dan tidak mempergunakan alat peraga

Ø  Lingkungan madrasah dan ruang kelas kosong dan tidak memberikan rangsangan

Ø  Banyak peserta didik yang kurang motivasi dan perhatian













Bukti-bukti prestasi madrasah

(Mohon beri tanda pada jenis bukti yang dipergunakan)

Ringkasan prestasi madrasah menurut indikator dan berdasarkan bukti

Tingkat yang dicapai

Tingkat/jumlah DO

 

 

 

Kehadiran peserta didik

 

Wawacara dengan guru dan peserta didik

 

Observasi sesama guru

 

Observasi Pengajaran

 

Rencana pengajaran dan reviu guru setelah menyampaikan pengajaran

 

Lain-lain (tuliskan)















3.5.      Apakah madrasah memenuhi  kebutuhan semua peserta didik?

Spesifikasi dalam standar proses belajar


q Perencanaan proses belajar
Ÿ  Rencana pembelajaran dengan memperhatikan perbedaan jenis kelamin, kemampuan awal, tingkat intelektual, minat, bakat, motivasi belajar, potensi, kemampuan sosial, emosional, gaya belajar, kebutuhan khusus, kecepatan belajar, latar belakang budaya, norma, nilai-nilai, dan atau lingkungan peserta didik.

q  Implementasi proses belajar
Ÿ  Guru menggabungkan pendekatan tematis dan mendorong dipertimbangkanya isu keanekaragaman dan lintas budaya
Ÿ  Guru menghargai pendapat peserta didik
Ÿ  Guru menghargai peserta didik tanpa memandang agama, ras, jenis kelamin dan keadaan sosial ekonomi mereka

Pencapaian Indikator

Contoh indikator pencapaian pada

Tingkat 4

Contoh indikator pencapaian pada Tingkat 3

Contoh indikator pencapaian pada

Tingkat 2

Contoh indikator pencapaian pada Tingkat 1


 

Ø Guru-guru mengakui terhadap perbedaan kemampuan anak didik dan memberikan tugas sesuai dengan  perbedaan  kemampuan anak didik tersebut.

Ø Guru-guru menggunakan berbagai metode pembelajaran dan memberikan berbagai jenis kegiatan sesuai kebutuhan belajar anak didik.

Ø Peserta didik dapat berkembang sesuai dengan kapasitas mereka.

Ø Peserta didik dan orang tua mereka terlibat dalam mencapai target belajar

Ø  Kami memberikan dorongan positif kepada semua peserta didik untuk mencapai potensi penuh mereka

Ø  Para guru menyadari adanya perbedaan kemampuan anak didik dan berusaha  merencanakan pembelajaran  berdasarkan perbedaan mereka.

Ø  Cara mengajar guru  dikaitkan  dengan  pembelajaran terdahulu,   kecepatan (irama), dan  tingkat  kemampuan peserta didik

Ø  Kami memiliki kebijakan kesetaraan tetapi perlu menjamin pelaksanaanya untuk dapat memberikan peluang yang setara bagi semua peserta didik kami
Ø Pembelajaran dilaksanakan secara klasikal dan kurang mempertimbangkan kebutuhan belajar individu peserta didik.
Ø Guru  menawarkan bantuan atau penjelasan tambahan bagi sebagian peserta didik setelah jam madrasah
Ø Kami perlu mempertimbangkan rintangan yang dihadapi sebagian peserta didik dalam belajar dan membantu mereka untuk menyelesaikannya

Ø Guru-guru  tidak mempertimbangkan perbedaan  kemampuan peserta didik dalam memahami konsep dan sebagian peserta didik tertinggal, sedangkan peserta didik yang sangat mampu seringkali merasa kurang tertantang

Ø  Kami memberikan peluang untuk berhasil melebihi yang lainnya kepada sebagian peserta didik kami









Bukti-bukti prestasi madrasah

(Mohon beri tanda centang pada jenis buktiberikut)

Ringkasan prestasi madrasah menurut indikator dan berdasarkan bukti

Tingkat yang dicapai

Prestasi peserta didik dalam Ujian Nasional

 

 

 

 

Kemajuan peserta didik berdasarkan target yang ditetapkan

 

Kehadiran peserta didik

Observasi sesama guru

Rencana pengajaran guru

Lain-lain








3.6.      Bagaimana cara madrasah mempromosikan dan mempertahankan etos pencapaian prestasi?

Spesifikasi dalam standar proses belajar

 

·         Implementasi Proses Belajar
q  Semua anak didik mendapat perlakuan adil dan pendapat mereka dihargai.
q   Guru-guru memberikan penguatan dan umpan balik terhadap respons dan hasil belajar peserta didik selama proses pembelajaran berlangsung.


Contoh indikator pencapaian pada

Tingkat 4

Contoh indikator pencapaian pada Tingkat 3

Contoh indikator pencapaian pada

Tingkat 2

Contoh indikator pencapaian pada Tingkat 1


Ø  Kami mempergunakan berbagai jenis pendekatan untuk pelaporan, dan mempertunjukkan keberhasilan dan peserta didik kami merasa termotivasi dan menghargai penghargaan apapun yang mereka terima
Ø   Anak didik dan guru-guru memiliki keinginan berprestasi dan mengharapkan pihak lainpun demikian
Ø  Anaka didik dan guru-guru mengakui dan menghargai perbedaan kecakapan dan kemampuan
Ø  Madrasah kami memiliki budaya untuk melibatkan semua pihak dan partisipasi. Kami menjamin bahwa semua peserta didik terlibat secara penuh dalam kehidupan madrasah kami

Ø  Kami secara konsisten memberikan penghargaan kepada anak didik  pada saat yang tepat, dan melakukan  berbagai cara untuk menilai keberhasilan
Ø  Kami memiliki harapan agar anak  didik  hadir setiap saat,  serta  berperilaku dan mencapai prestasi belajar secara optimal sesuai dengan kecakapan mereka.
Ø  Hubungan baik antara guru dan anak didik terpelihara dengan baik, demikian pula hubungan peserta didik dengan staf lainnya.
Ø  Semua peserta didik kami diperlakukan dengan hormat dan diharapkan menunjukkan tanggung jawab dan dukungan bagi sesama peserta didik

Ø  Kami tidak  memberikan penghargaan secara konsisten terhadap anak didik, yang ditunjukkan dalam motivasi mereka.
Ø  Beberapa anak didik menunjukkan kurang kepercayaan diri terhadap kemampuan mereka.
Ø  Beberapa anak didik dan guru tidak mengakui dan menghargai perbedaan dalam kecakapan dan kemampuan.
Ø  Tidak semua peserta didik kami berpartisipasi penuh dalam kegiatan madrasah dan tidak selalu terlibat dalam komunitas madrasah

Ø  Kami seringkali menyalahkan anak didik, namun jarang menunjukkan sesuatu untuk menghargai mereka.
Ø  Para anak didik menunjukan harapan yang rendah, baik di madrasah maupun di luar madrasah/masyarakat.
Ø  Hubungan guru-anak didik  bernuansa otoriter  dan  banyak anak didik menunjukkan perilaku  kurang baik dan motivasinya rendah.
Ø  Banyak peserta didik kami yang kurang motivasi dan tidak sepenuhnya berpartisipasi dalam kebidupan madrasah










Bukti-bukti prestasi madrasah

(Mohon beri tanda centang pada jenis buktiberikut)

Ringkasan prestasi madrasah menurut indikator dan berdasarkan bukti

Tingkat yang dicapai

Observasi terhadap sikap guru terhadap anak didik, khususnya dalam hal memberikan pujian.

 

 

 

Menjadikan pekerjaan anak didik sebagai pajangan di kelas atau bahan pelajaran yang dibuat oleh anak didik.

 

Perilaku lain yang relevan

Lain-lain















4. Standar Penilaian

4.1 Sistem apakah yang sudah tersedia untuk memberikan penilaian bagi peserta didik baik dalam bidang akademik maupun non akademik?

Spesifikasi dalam standar evaluasi
·         Guru membuat perencanaan penilaian terhadap pencapaian peserta didik
·         Guru memberikan informasi kepada peserta didik mengenai kriteria penilaian termasuk kriteria penguasaan minimum
·         Guru melaksanakan penilaian pada interval yang reguler berdasarkan rencana yang telah dibuat
·         Guru menerapkan berbagai teknik penilaian dan jenis penilaian untuk memonitor perkembangan dan kesulitan peserta didik

Contoh indikator pencapaian pada

Tingkat 4

Contoh indikator pencapaian pada Tingkat 3

Contoh indikator pencapaian pada

Tingkat 2

Contoh indikator pencapaian pada Tingkat 1

Ø Guru kami mempergunakan berbagai jenis metode untuk menilai kemajuan peserta didik secara berkelanjutan, termasuk menggunakan diskusi dengan peserta didik, observasi, tugas bagi peserta didik, dan tes formal dan non formal
Ø Guru kami membuat instrumen yang tepat dan dapat diandalkan untuk menerapkan berbagai teknik penilaian
Ø Semua penilaian kami didasarkan pada hasil pembelajaran yang diharapkan
Ø  Kemajuan peserta didik kami dimonitor secara dekat melalui observasi guru dan penilaian formal berkala
Ø  Guru kami menyelesaikan penilaian sesuai dengan rencana mereka
Ø  Guru kami memberikan informasi kepada peserta didik mengenai kriteria penilaian termasuk apa yang dipersyaratkan untuk penguasaan minimum
Ø  Kami melaksanakan penilaian peserta didik secaraperiodik, kebanyakan melalui tes dan ujian
Ø  Guru kami tidak membuat rencana untuk penilaian
Ø  Kami tidak membicarakan hasil penilaian dengan peserta didik kami
Ø Kami bergantung sepenuhnya pada tes dan ujian untuk memberikan penilaian kepada peserta didik kami
Ø Kami tidak menilai atau memonitor kemajuan peserta didik kami secara sistematis







Bukti-bukti prestasi madrasah

(Mohon beri tanda centang pada jenis buktiberikut)

Ringkasan prestasi madrasah menurut indikator dan berdasarkan bukti

Tingkat yang dicapai

Pencapaian peserta didik dalam Ujian Nasional

 

 

 

Kemajuan peserta didik berdasarkan target yang ditetapkan

 

Wawancara dengan orang tua dan peserta didik

Rencana pengajaran guru

Lain-lain










4.2         Bagaimana  penilaian berdampak pada  proses belajar?

Spesifikasi dalam standard proses belajar


q Evaluasi oleh guru
Ÿ  Guru memberikan masukan dan komentar mengenai penilaian yang mereka lakukan pada peserta didik
Ÿ  Guru mempergunakan hasil penilaian untuk perbaikan pembelajaran

Indicator Pencapaian

Tingkat 4

Tingkat 3

Tingkat 2

Tingkat 1

Ø Semua guru secara rutin menyimpan catatan dan memastikan kemajuan peserta didik dalam tingkat yang sesuai dengan cara mempergunakan penilaian untuk memberikan masukan dalam perencanaan mereka

Ø Peserta didik  diberikan kesempatan untuk memberikan komentar terhadap kemajuan yang mereka capai dan terlibat dalam menetapkan target pembelajaran mereka
Ø  Guru-guru  mereviu tingkat kemajuan semua peserta didik pada akhir setiap semester dan mempergunakan informasi tersebut untuk merencanakan program pembelajaran selanjutnya

Ø  Sebagian peserta didik diberikan kesempatan untuk mereviu kemajuan yang mereka buat dan menetapkan target baru pembelajaran mereka

Ø Hasil tes kadangkala dipergunakan oleh guru untuk  merencanakan bahan pengajaran selanjutnya

Ø Kami tidak melibatkan para peserta didik kami dalam meriviu kemajuan mereka

Ø Hasil tes dicatat tetapi tidak akan mempengaruhi program pengajaran kami

Bukti-bukti prestasi madrasah

(Mohon beri tanda centang pada jenis buktiberikut)

Ringkasan prestasi madrasah menurut indikator dan berdasarkan bukti

Tingkat yang dicapai

Pencapaian peserta didik dalam Ujian Nasional

 

 

 

Kemajuan peserta didik berdasarkan target yang ditetapkan

 

Wawancara dengan orang tua dan peserta didik

Rencana pengajaran guru

Lain-lain



















4.3. Apakah orang tua peserta didik terlibat dalam proses belajar anak mereka?

Spesifikasi dalam standar penilaian

·         Penilaian berdasarkan  unit pendidikan

Madrasah  melaporkan hasil penilaian mata pelajaran untuk semua kelompok mata pelajaran  pada setiap akhir semester kepada orang tua/wali peserta didik dalam bentuk  buku laporan pendidikan

Indicator Pencapaian

Tingkat 4

Tingkat 3

Tingkat 2

Tingkat 1

Ø Kami menyampaikan laporan hasil belajar anak didik kepada orang tua dan melaporkan pula program belajarnya setiap semester, serta menawarkan kesempatan setiap saat kepada orang tua untuk membahas  kemajuan belajar anak mereka.
Ø Kami memiliki kemitraan yang kuat dengan orang tua peserta didik dan mendorong mereka untuk berpartisipasi dalam perawatan dan pendidikan anak-anak mereka, khususnya mereka yang mengalami keengganan atau kesulitan untuk  melibatkan diri
Ø Kami membuat laporan berkala pada orang tua mengenai pencapaian hasil belajar peserta didik  setiap semester dan menawarkan kesempatan untuk mendiskusikan kemajuan anak mereka.
Ø Madrasah mengajak orang tua   untuk berpartisipasi aktif dan  mengambil bagian dalam kegiatan madrasah, termasuk  kegiatan belajar.
Ø Orang tua dilibatkan untuk memastikan bahwa anak mereka menyelesaikan pekerjaan rumah

Ø  Kami membuat laporan tahunan mengenai pencapaian hasil belajar  peserta didik setiap tahunnya kepada orang tua tetapi tidak menawarkan kesempatan untuk berdiskusi
Ø  Madrasah kami melibatkan sekelompok kecil orang tua peserta didik berpartisipasi dalam kegiatan yang dilakukan madrasah tetapi kami masih menganggap perlu untuk mendorong semua orang tua untuk terlibat dan terus memberikan informasi berkala pada mereka
Ø  Kami perlu mendorong partisipasi orang tua lebih kuat lagi agar anak mereka menyelesaikan pekerjaan rumah.
Ø  Kadangkala kami membuat laporan kepada orang tua tetapi tidak dilakukan dengan sistematis dan kami perlu untuk memperbaiki  pelaporan
Ø  Kami tidak melibatkan orang tua secara aktiif dalam upaya pengambilan keputusan yang dilakukan madrasah
Ø  Kami tidak mengharapkan orang tua untuk terlibat dalam pekerjaan rumah peserta didik dan kegiatan madrasah lainnya


Bukti-bukti prestasi madrasah

(Mohon beri tanda centang pada jenis buktiberikut)

Ringkasan prestasi madrasah menurut indikator dan berdasarkan bukti

Tingkat yang dicapai

Wawancara peserta didik

 

 

 

Wawancara orang tua

 

Wawancara guru

Laporan kegiatan madrasah

Lain-lain






5. Kompetensi Lulusan
5.1.      Apakah peserta didik dapat mencapai pencapaian akademis yang diharapkan?

Spesifikasi dalam  Standar Kompetensi Lulusan


q  Hasil belajar peserta didik sesuai dengan standar menurut usia dan mata pelajaran.

Indicator Pencapaian

tingkat 4

Tingkat 3

Tingkat 2

Tingkat  1

Ø  Peserta didik  menunjukkan sukses, percaya diri, dan memiliki harapan yang tinggi.
Ø  Peserta didik kami mengembangan ketrampilan logis, kritis dan pemikiran analitikal serta kreatifitas mereka
Ø  Kami  meningkatkan prestasi belajar peserrta didik yang sebelumnya masih menunjukkan hasil belajar yang rendah/kurang.

Ø  Sebagian besar peserta didik menunjukkan kemajuan yang baik dibandingkan dengan  kondisi sebelumnya dalam mencapai target yang ditetapkan.

Ø  Peserta didik kami mengembangkan kemampuan mereka untuk menjadi pembelajar yang independent

Ø  Peserta didik kami percaya diri dan jelas dalam mengekspresikan diri dan pendapat mereka

Ø  Kami perlu memastikan kebutuhan peserta didik kami yang lemah  dapat dipenuhi secara efektif

Ø  Sejumlah peserta didik telah menunjukkan prestasi yang lebih baik, namun tidak konsisten

Ø  Kami perlu merumuskan target pencapaian hasil belajar bagi semua peserta didik, dan mengupayakan agar mereka mencapai hasil.
Ø  Peserta didik  menunjukkan kemajuan yang terbatas dibandingkan dengan hasil pencapaian sebelumnya.
Ø  Hasil belajar peserta didik  masih terbatas karena mereka tidak percaya diri dan tidak memiliki semangat untuk berhasil , akibat program belajar yang disediakan kurang beragam.
Ø  Guru-guru kami memiliki harapan yang rendah terhadap peserta didik ,  demikian pula  para peserta didik.






Bukti-bukti prestasi madrasah

(Mohon beri tanda centang pada jenis buktiberikut)

Ringkasan prestasi madrasah menurut indikator dan berdasarkan bukti

Tingkat yang dicapai

Kemajuan yang dicapai peserta didik dalam ketrampilan menulis, membaca dan berhitung

 





 

Hasil Ujian

Hasil-hasil tes

Mutu pekerjaan madrasah yang dihasilkan

Hasil-hasil yang dicapai secara perorangan atau bersama

Lainnya (tuliskan)



5.2.      Apakah peserta didik dapat mengembangkan potensi penuh mereka sebagai anggota masyarakat?

Spesifikasi dalam  Standar Kompetensi Lulusan


q  Madrasah mengembangkan kepribadian peserta didik
q  Madrasah mengembangkan ketrampilan hidup
q  Madrasah mengembangkan nilai-nilai agama, budaya dan pemahaman atas sikap yang dapat diterima

Indicator Pencapaian

tingkat 4

Tingkat 3

Tingkat 2

Tingkat  1

Ø  Peserta didik menerapkan ajaran agama dalam kehidupan mereka secara konsisten
Ø  Peserta didik berpartisipasi secara aktif dalam kehidupan madrasah dan masyarakat yang lebih  luas. Mereka memiliki kemampuan secara pribadi dan sosial dan telah mencapai berbagai jenis kegiatan untuk pencapaian pribadi dan yang lebih luas
Ø  Potensi dan minat peserta didik kami dikembangkan secara penuh melalui partisipasi mereka dalam beraneka ragam jenis kegiatan

Ø Peserta didik kami menerapkan ajaran agama dalam kehidupan mereka

Ø Peserta didik kami menunjukkan sikap yang layak di madrasah dan masyarakat luas. Mereka memahami tentang disiplin, toleransi, kejujuran dan perhatian bagia orang lain dan kerja keras

Ø Peserta didik kami memiliki kesempatan untuk mengembangkan rasa estetika dan kesehatan fisik mereka

Ø Madrasah kami menyediakan beraneka ragam kegiatan sesuai dengan minat peserta didik
Ø  Peserta didik kami memiliki pengetahuan yang memadai mengenai agama mereka
Ø  Kami menawarkan beberapa kegiatan ekstra kurikuler tetapi tidak teralu terkait dengan minat peserta didik
Ø  Kami menawarkan sejumlah kecil pembelajaran yang tidak memungkinkan berkembangnya ketrampilan
Ø  Kami perlu memperluas kesempatan belajar bagi peserta didik kami untuk menjamin bahwa mereka dapat mencapai potensi penuh mereka

Bukti-bukti prestasi madrasah

(Mohon beri tanda centang pada jenis buktiberikut)

Ringkasan prestasi madrasah menurut indikator dan berdasarkan bukti

Tingkat yang dicapai

Catatan pencapaian pribadi dan sosial peserta didik

 





 

Kehadiran peserta didik pada kegiatan ekstra kurikuler

Pencapaian dalam olahraga

Catatan mengenai program budaya

Laninya (tuliskan)









6.     Standar Pengelolaan
6.1.      Apakah kinerja pengelolaan berdasarkan kerja tim dan kemitraan yang kuat dengan visi dan misi yang jelas dan diketahui oleh semua pihak?  

Spesifikasi dalam standard pengelolaan

 

·         Perencanaan Program

q  Madrasah merumuskan visi dan misi serta disosialisasikan kepada warga madrasah dan  pihak berkepentingan.
q  Rencana kerja tahunan dijadikan dasar pengelolaan madrasah/madrasah yang ditunjukkan dengan kemandirian,  kemitraan, partisipasi, keterbukaan, dan akuntabilitas.

Indicator Pencapaian

Tingkat 4

Tingkat 3

Tingkat 2

Tingkat 1

Ø Madrasah kami memiliki tim pengelolaan yang kuat menjamin keterlaksanaan layanan madrasah yang  dan komite madrasah mendukung dan terlibat dalam seluruh kegiatan madrasah.
Ø Pimpinan madrasah kami mendorong evaluasi diri  dan memperkuat budaya dimana seluruh staf merasa mampu dan percaya diri membangun mutu baik di kelas maupun di luar kelas
Ø Kami memiliki  pemahaman yang baik untuk mewujudkan  madrasah menjadi lingkungan kerja yang suportif dimana staf madrasah, orangtua dan masyarakat berbagi tanggung jawab untuk mewujudkan keberhasilan anak didik.
Ø Madrasah kami memiliki komite madrasah dan dewan guru yang aktif
Ø Pimpinan madrasah kami menunjukkan kesungguhan untuk memperbaiki pengajaran dengan melakukan kunjungan kelas, mengkaji model pembelajaran yang baik, dan memberikan umpan balik.
Ø Madrasah kami memiliki visi dan misi yang jelas yang dirumuskan berdasarkan kesepakatan masyarakat, peserta didik, dan staf; juga dengan sungguh-sungguh  merencanakan dan melaksanakan upaya strategis bagi perbaikan madrasah

Ø Komite madrasah kami melakukan pertemuan secara teratur, namun kurang melibatkan diri secara aktif dalam kepentingan madrasah.


Ø Pimpinan  madrasah kami belum melibatkan diri secara memadai dalam kegiatan madrasah yang mempunyai pengaruh langsung untuk perbaikan mengajar-belajar.
Ø Visi dan misi madrasah kami belum dirumuskan bersama dan belum disebarluaskan

Ø Komite madrasah kami tidak berfungsi

Ø Pimpinan madrasah kami tidak secara konsisten mendukung dan memberi tantangan dan arah yang memadai  dalam perumusan target bagi perbaikan madrasah, demikian pula beberapa anggota staf madrasah tidak mendukung pengembangan sekalipun mereka ditugasi untuk melakukan perbaikan
Ø Madrasah kami belum merumuskan sepenuhnya rumusan visi dan misi madrasah
                                  



Bukti-bukti prestasi madrasah

(Mohon beri tanda centang pada jenis buktiberikut)

Ringkasan prestasi madrasah menurut indikator dan berdasarkan bukti

Tingkat yang dicapai

Pernyataan Visi dan misi madrasah

 

 





 

Dokumen penyebarluasan rumusan visi dan misi kepada pemangku kepentingan

 

Agenda/catatan hasil pertemuan komite madrasah

Dokumen/bukti lainnya

Lain-lain


6.2.      Apakah ada tujuan dan rencana untuk perbaikan yang memadai?

Spesifikasi dalam standar pengelolaan


·         Perencanaan Program
q  Madrasah merumuskan tujuan yang jelas dan rencana kerja untuk pengembangan dan perbaikan dan disosialisasikan kepada warga madrasah dan pihak yang bekepentingan.

Indikator Pencapaian

Tingkat 4

Tingkat 3

Tingkat 2

Tingkat 1

Ø Tujuan madrasah kami dibuat berdasarkan hasil yang akan dicapai bagi para peserta didik dan sejalan dengan prioritas daerah dan pusat
Ø Kami memimpin dan mengelola secara efektif dengan memprioritaskan dan memfokuskan pada sejumlah inisiatif prioritas tinggi dan mengkomunikasikan inisiatif tersebut dengan baik
Ø Kami memiliki pengharapan yang jelas dan sikap yang positif terhadap kebhinnekaan  
Ø  Madrasah kami memiliki rencana kerja yang jelas dan relevan untuk jalannya madrasah dengan lancar
Ø  Tujuan dan rencana kami disosialisasikan kepada pesrta didik, orang tua, pegawai dan pemangku kepentingan agar difahami dengan baik
Ø  Para guru dan peserta didik kami terlibat dalam perencanaan pengembangan madrasah serta menilai kemajuannya
Ø  Para guru dan staf di madrasah kami tidak ada rasa memiliki yang kuat terhadap nilai dan tujuan yang akan dicapai di lingkungan masyarakat madrasah kami
Ø  Pimpinan madrasah kami tidak mengkomunikasikan rencana kami kepada para peserta didik, orang  tua dan masyarakat luas secara memadai
Ø  Pimpinan madrasah kami tidak melakukan evaluasi diri terhadap upaya yang kami lakukan dan mengubah rencana sesuai dengan hasil evaluasi

Ø  Tujuan kami tidak jelas dan tidak banyak terkait dengan kegiatan utama madrasah kami

Ø Pimpinan madrasah kami berfokus pada pengembangan sistem, fungsi dan proses daripada meningkatkan hasil keluaran/lulusan bagi para peserta didik kami

Ø Pimpinan madrasah kami tidak efektif dalam upaya kami memperbaiki mutu dan sumber daya yang ada belum diarahkan dengan layak









Bukti-bukti prestasi madrasah

(Mohon beri tanda centang pada jenis buktiberikut)

Ringkasan prestasi madrasah menurut indikator dan berdasarkan bukti

Tingkat yang dicapai

Tujuan dan Rencana

 

 





 

Pendokumentasian dan sosialisasi rencana

 

Lain-lain

































6.3.      Dampak rencana pengembangan madrasah terhadap peningkatan hasil belajar?

Spesifikasi dalam standar pengelolaan


Perencanaan Program
q Rencana Kerja tahunan dinyatakan dalam rencana kegiatan dan anggaran madrasah/madrasah dilaksanakan berdasarkan rencana jangka menengah
·       Supervisi dan Penilaian
q Madrasah melakukan evaluasi diri terhadap kinerja  madrasah.
q Madrasah menetapkan prioritas indikator untuk mengukur, menilai kinerja, dan melakukan perbaikan dalam rangka pelaksanaan SNP

Indikator Pencapaian

Tingkat 4

Tingkat 3

Tingkat 2

Tingkat

Ø Kami  sungguh-sungguh menilai dampak rencana pengembangan madrasah terhadap peningkatan hasil belajar peserta didik.
Ø Kami bekerja secara perorangan dan bersama-sama  untuk  meningkatkan kinerja madrasah dan prestasi belajar peserta didik secara terus-menerus.
Ø Kami memiliki visi yang jelas mengenai apa yang dianggap penting di madrasah kami dan apa yang menjadi tanggung jawab kepemimpinan untuk menghadapi perubahan yang telah ditetapkan.
Ø  Prioritas yang ditetapkan dalam rencana pengembangan madrasah  telah menunjukkan dampak nyata terhadap prestasi belajar, kehadiran, dan kondisi keseharian peserta didik dan kondisi kerja  di madrasah kami 
Ø  Kami menggunakan informasi yang diperoleh dari hasil evaluasi diri madrasah sebagai bahan penyusunan rencana pengembangan madrasah yang menantang, namun kegiatan utamanya ditujukan pada peningkatan mutu pembelajaran.
Ø  Peningkatan kinerja madrasah  memperhitungkan kemampuan yang dimiliki untuk melakukan perbaikan dan perubahan.

Ø  Rencana pengembangan madrasah telah menunjukkan sejumlah perbaikan dalam kinerja madrasah, namun belum terarah pada kegiatan peningkatan hasil belajar peserta didik.

Ø  Kami merasa perlu untuk memperbaiki struktur dan tampilan rencana pengembangan madrasah, sehingga menjadi jelas dan bermanfaat bagi peningkatan kinerja madrasah.
Ø  Kami  cenderung  mengutamakan perbaikan system, fungsi, dan proses, dan tidak menaruh perhatian pada peningkatan hasil belajar peserta didik
Ø  Rencana kerja madrasah kami tidak terarah pada peningkatan mutu pembelajaran dan hasil belajar peserta didik.
Ø  Rencana pengembangan madrasah kami tidak didukung oleh informasi yang didapat dari hasil evaluasi diri madrasah.
Ø  Sejumlah staf di madrasah kami tidak terbuka terhadap perubahan, dan evaluasi diri belum menjadi tata kerja di madrasah kami.


Bukti-bukti prestasi madrasah

(Mohon beri tanda centang pada jenis buktiberikut)

Ringkasan prestasi madrasah menurut indikator dan berdasarkan bukti

Tingkat yang dicapai

Laporan evaluasi diri madrasah

 





 

Kemajuan dalam implementasi rencana pengembangan madrasah

Interviu dengan peserta didik

Interviu dengan orang tua

Laporan guru kepada kepala madrasah mengenai pencapaian mereka

Laninya (tuliskan)



























6.4.      Bagaimanakah cara pengumpulan dan penggunaan data yang handal dan valid?

Spesifikasi dalam standar pengelolaan


q  Madrasah mengelola sistem informasi pengelolaan dengan cara yang memadai, efektif, efisian dan dapat dipertanggung jawabkan
q  Madrasah menyediakan sistem informasi yang efisien, efektif dan dapat diakses
q  Madrasah menyediakan laporan dan data yang dibutuhkan oleh kabupaten dan tingkatan lain dalam sistem

Indikator Pencapaian

Tingkat 4

Tingkat 3

Tingkat 2

Tingkat 1

Ø Madrasah kami memiliki sistem pengumpulan dan penyimpanan data yang jelas
Ø Madrasah kami mempergunakan informasi tersebut untuk memonitor tingkat pencapaian para peserta didik kami, menginformasikan perencanaan dan membangun dukungan dan sumber daya yang dapat meningkatkan pembelajaran dan meningkatkan pencapaian
Ø Madrasah kami berbagi  informasi mengenai masing-masing anak kepada orang tua mereka
Ø  Catatan data dan informasi di madrasah  kami diperbaharui secara berkala
Ø  Madrasah kami menganalisis semua data yang dikumpulkan dalam rangka penyusunan perencanaan strategis yang di buat untuk pengembangan madrasah
Ø  Data dan laporan yang ada di madrasah kami sudah diperbaharui, dan dikirim secara berkala ke kantor Disdik kabupaten
Ø  Madrasah kami mengumpulkan dan menyimpan berbagai jenis data
Ø  Madrasah kami tidak menggunakan data secara efektif untuk memonitor dan melaksanakan perbaikan, menentukan tolok ukur kinerja dan mengidentifikasi kecenderungan yang ada
Ø  Madrasah kami tidak banyak melakukan berbagi informasi antar sesama pegawai untuk memberikan pandangan luas mengenai upaya yang dilakukan oleh madrasah kami

Ø  Madrasah kami hanya melaksanakan pengumpulan data jika diminta

Ø  Pegawai kami hanya mendapatkan sedikit pelatihan atau bahkan tidak pernah sama sekali mengenai interpretasi penggunaan manajemen data untuk merencanakan perbaikan

Ø  Madrasah kami tidak memiliki sistem yang jelas untuk memberikan data yang dibutuhkan untuk meningkatkan pembelajaran dan meningkatkan pencapaian hasil pembelajaran














Bukti-bukti prestasi madrasah

(Mohon beri tanda centang pada jenis buktiberikut)

Ringkasan prestasi madrasah menurut indikator dan berdasarkan bukti

Tingkat yang dicapai

Informasi dan data mutakhir dan dapat diandalkan

 

 





 

Rencana Pengembangan madrasah berdasarkan bukti-bukti yang ditujukan dari data

 

Diknas kabupaten memiliki  catatan mengenai kegiatan dan pencapaian madrasah

Lain-lain



























6.5.      Bagaimanakan cara mendukung dan memberikan kesempatan pengembangan profesi bagi para guru dan tenaga kependidikan

Spesifikasi dalam standar pengelolaan

·         Pendidik dan Tenaga Kependidikan
q  Madrasah mengatur kefektifan program pendidik dan tenaga kependidikan, termasuk pengembangan profesi 
·         Supervisi dan Evaluasi
q  Supevisi dan evaluasi terhadap pendidik dan tenaga kependidikan dilaksanakan sesuai dengan standar guru dan tenaga kependidikan

Indicator Pencapaian

Tingkat 4

Tingkat 3

Tingkat 2

Tingkat 1

Ø Kami mendukung para pegawai kami untuk dapat memberikan yang terbaik dari diri mereka dan mengakui dan merayakan prestasi. Mereka yang memiliki tanggung jawab kepemimpinan secara berkala mengkomunikasikan keberhasilan pegawai dan mengemukakan praktek-praktek terbaik yang telah dilakukan
Ø Staf kami menerima informasi mengenai kesempatan untuk pengembangan profesi dan didorong untuk mengaksesnya
Ø Kami menyikapi dan memonitor masalah kesetaraan dan keadilan bagi staf kami secara sistematis
Ø  Guru bermotivasi tinggi dan ada pengakuan atas prestasi mereka
Ø  Guru kami diberikan peluang pengembangan profesi yang relevan
Ø  Terdapat proses yang jelas untuk penilaian guru yang dilakukan oleh kepala madrasah
Ø  Sebagian pegawai kami merasa bahwa mereka yang memegang tanggung jawab kepemimpinan tidak menghargai prestasi yang dicapai secara memadai dan mereka kekurangan motivasi
Ø  Guru kami tidak selalu memiliki akses terhadap pengembangan profesi yang sesuai
Ø  Kami tidak memiliki proses penilaian pegawai yang memadai

Ø  Banyak pegawai kami yang merasa bahwa prestasi mereka tidak diakui dan mereka sangat tidak bermotivasi

Ø Kami tidak mendorong pegawai kami untuk mengambil kesempatan pengembangan profesi karena kami ingin mereka berfokus pada pekerjaan mereka di madrasah
Ø Pihak pimpinan akan memberikan teguran kepada pegawai sesuai kebutuhan







Bukti-bukti prestasi madrasah

(Mohon beri tanda centang pada jenis buktiberikut)

Ringkasan prestasi madrasah menurut indikator dan berdasarkan bukti

Tingkat yang dicapai

Penilaian tahunan guru dan pegawai lain oleh kepala madrasah

 

 





 

Interviu guru

 

Observasi

Laporan guru kepada kepala madrasah mengenai prestasi yang dicapai

Perbaikan dan pengembangan guru dari waktu ke waktu

Lain-lain















6.6.      Bagaimanakan cara masyarakat daerah mengambil bagian dalam kehidupan madrasah?

Spesifikasi dalam standar pengelolaan


q  Madrasah harus melibatkan anggota masyarakat dan publik dalam mengelola aspek non akademis madrasah 
q  Warga madrasah harus dilibatkan dalam pengelolaan akademis dan non akademis

Indikator Pencapaian

Tingkat 4

Tingkat 3

Tingkat 2

Tingkat 1

Ø Anggota masyarakat selain dari yang terlibat dalam komite madrasah terlibat aktif dalam madrasah kami. Kami bekerja sama dengan masyarakat untuk mendukung anak-anak dan keluarga dalam mengkaji kebutuhan peserta didik, memperluas pengalaman mereka atau memberikan dukungan untuk mengurangi rintangan dalam belajar
Ø Masyarakat dan pemilik usaha di daerah kami memberikan laporan positif mengenai mutu dari pendidikan yang kami berikan, mereka merasa bahwa apa yang madrasah kami tawarkan telah meningkatkan motivasi dan keterlibatan peserta didik dan keluarga mereka, termasuk kelompok yang tidak mampu
Ø  Kami menghargai dan mempertimbangkan pandanganmasyarakat mengenai aspek-aspek seperti reputasi madrasah kami, kegunaannya sebagai sumber dalam masyarakat, respon terhadap keluhan dari masyarakat dan tingkat keterlibatan masyarakat dalam kehidupan madrasah kami
Ø  Masyarakat menilai madrasah kami relevan dan memenuhi kebutuhan masyarakat daerah
Ø  Kami memiliki tingkat keterlibatan yang tinggi dengan perorangan, keluarga dan kelompok masyarakat dalam kegiatan madrasah dan dalam pembuatan keputusan yang mempengaruhi masyarakat
Ø  Anggota masyarakat kami, diluar dari anggota komite madrasah, tidak ambil bagian dengan madrasah kami dan kami tidak mendorong mereka secara proaktif
Ø Kami tidak banyak bersentuhan dengan masyarakat setempat. Kami tidak memberikan perhatian terhadap apa yang penting bagi masyarakat atau masukan mengenai bagaimana madrasah kami dapat memperbaiki diri dan bagaimana agar mereka dapat lebih terlibat dengankami

Ø Komite madrasah kami tidak aktif dan tidak banyak membantu pekerjaan kami

Bukti-bukti prestasi madrasah

(Mohon beri tanda centang pada jenis buktiberikut)

Ringkasan prestasi madrasah menurut indikator dan berdasarkan bukti

Tingkat yang dicapai

Catatan mengenai dukungan komite madrasah

 

 



 

Tingkat pendaftaran peserta didik

 

Interviu dengan perwakilan masyarakat setempat

Lain-lain












7.     STANDAR PENDIDIK DAN TENAGA PENDIDIKAN

7.1.      Apakah pemenuhan jumlah guru dan pegawai lain sudah memadai?
Spesifikasi dalam standar guru dan tenaga pendidik
q  Jumlah guru dan tenaga pendidik memenuhi standar
q  Kualifikasi guru dan tenaga pendidik memenuhi standar
q  Guru dan tenaga pendidik memenuhi standar kompetensi

Indicator Pencapaian

Tingkat 4

Tingkat 3

Tingkat 2

Tingkat 1

Ø Kami memiliki pendidik dan tenaga kependidikan dengan jumlah,  kualifikasi, dan kompetensi yang memadai untuk memberikan pengalaman belajar dengan kualitas tinggi bagi semua peserta didik, termasuk peserta didik yang membutuhkan bantuan tambahan

Ø  Madrasah kami memiliki jumlah guru dan pegawai lain yang relevan dengan kualifikasi yang ditetapkan dalam standar
Ø  Kami membutuhkan pegawai tambahan untuk membantu peserta didik yang mengalami kesulitan belajar

Ø  Tingkatan keahlian mengajar memungkinkan tercakupnya sebagian besar tuntutan kurikulum, tetapi tetap masih ada kesenjangan dalam beberapa bidang keahlian tertentu
Ø  Beberapa guru dan pegawai kami tidak memiliki kualifikasi minimum yang dipersyaratkan

Ø  Madrasah kami tidak memiliki jumlah guru dan tenaga pendidik lain seperti yang dipersyaratkan dalam standar nasional pendidikan.

Ø  Banyak guru kami yang tidak memenuhi kualifikasi minimal

Bukti-bukti prestasi madrasah

(Mohon beri tanda centang pada jenis buktiberikut)

Ringkasan prestasi madrasah menurut indikator dan berdasarkan bukti

Tingkat yang dicapai

Jumlah dan kualifikasi guru

 

 

 

Jumlah dan kualifikasi tenaga pendidik

 

Beban mengajar guru

Laporan kepala madrasah mengenai supervisi guru

Penilaian terhadap guru dan tenaga pendidik

Lain-lain

















8. Standar Pembiayaan
8.1        Bagaimana madrasah mengelola keuangan?

Spesifikasi dalam standar pembiayaan

 

Ÿ  Pengelolaan keuangan madrasah
q Anggaran madrasah dirumuskan merujuk peraturan pemerintah pusat dan daerah
q Pengelolaan keuangan madrasah transparan, efisien, dan akuntabel.
q Madrasah membuat pelaporan  keuangan kepada pemerintah dan pemangku kepentingan.

Indicator Pencapaian

Tingkat 4

Tingkat 3

Tingkat 2

Tingkat

Ø Rencanaan anggaran biaya pendapatan dan belanja madrasah (RAPBS) dirumuskan merujuk pada peraturan pemerintah dan dengan melibatkan partisipasi komite madrasah dan pemangku kepentingan yang relevan.
Ø Kami melakukan pertanggungjawaban penggunaan keuangan secara menyeluruh kepada pemerintah dan pemangku kepentingan.
Ø  Rencanaan anggaran biaya pendapatan dan belanja madrasah (RAPBS) dirumuskan merujuk pada peraturan pemerintah  dan dikomunikasikan kepada komite madrasah dan pemangku kepentingan yang relevan.
Ø  Pendapatan dan penggunaan keuangan madrasah dilaporkan secara periodik kepada pemerintah dan pemangku kepentingan.
Ø Rencanaan anggaran biaya pendapatan dan belanja madrasah (RAPBS) dirumuskan merujuk pada peraturan pemerintah .
Ø  Madrasah membuat laporan  pertanggungjawaban pendapatan dan penggunaan keuangan madrasah kepada pemerintah dan pemangku kepentingan, tetapi masih perlu dilakukan secara rutin dan proses yang transparan.
Ø Rencanaan anggaran biaya pendapatan dan belanja madrasah (RAPBS) dirumuskan belum sepenuhnya merujuk pada peraturan pemerintah
Ø  Madrasah belum melakukan pertanggungjawaban tentang pendapatan dan penggunaan keuangan madrasah kepada pemerintah dan pemangku kepentingan.



Bukti-bukti prestasi madrasah

(Mohon beri tanda centang pada jenis buktiberikut)

Ringkasan prestasi madrasah menurut indikator dan berdasarkan bukti

Tingkat yang dicapai

RAPBS jangka panjang, menengah, dan tahunan

 





 

Laporan pendapatan dan penggunaan keuangan madrasah kepada pemerintah dan pemangku kepentingan.

Pembukuan keuangan madrasah

Wawancara dengan komite madrasah dan pemangku kepentingan yang relevan

Catatan hasil pertemuan dengan komite madrasah dan pemangku kepentigan yang relevan.


Laninya (tuliskan)
















8.2         Upaya apakah yang telah dilaksanakan oleh madrasah untuk mendapatkan tambahan dukungan pembiayaan lainnya?

Spesifikasi dalam standar pembiayaan

q Madrasah  memiliki kapasitas untuk mencari dana dengan inisiatifnya sendiri

Indikator Pencapaian

Tingkat 4

Tingkat 3

Tingkat 2

Tingkat

Ø Madrasah kami kreatif mempergunakan sumber dan prasarananya untuk mendapatkan pendapatan tambahan
Ø Kami telah membangun jaringan kerja yang kuat dengan pemilik usaha dan industri setempat dan pemangku kepentingan lainnya yang membantu madrasah kami dalam hal pembiayaan
Ø Kami melanjutkan hubungan dengan alumni kami dan menggunakan mereka sebagai sumber pendanaan dan bantuan lainnya
Ø  Madrasah kami mendapatkan pembiayaan tambahan melalui penggunaan eksternal salah satu aspek dalam sumber daya atau prasarananya
Ø  Kami telah mengembangkan hubungan kerja sama dengan pemangku kepentingan, khususnya orang tua yang mampu untuk membantu madrasah kami
Ø  Kami akan melanjutkan hubungan kami dengan alumni dan mereka membantu upaya kami walaupun bukan dalam hal pembiayaan
Ø  Kami berencana untuk memperluas penggunaan sumber daya dan prasarana kami untuk mendapatkan pembiayaan tambahan tetapi kami belum mengimplementasikannya
Ø  Hubungan kami dengan pemangku kepentingan harus dikembangkan lebih lanjut agar mendapatkan bantuan keuangan dari mereka
Ø  Kami menyimpan catatan alumni dan sebagian dari mereka membantu upaya kami tetapi bukan dalam hal pembiayaan
Ø  Kami belum mempertimbangkan menggunakan sumber daya atau prasarana kami untuk mencari pembiayaan tambahan
Ø  Kami belum memiliki hubungan yang kuat dengan dunia usaha dan industri setempat
Ø  Kami tidak menyimpan catatan alumni kami

Bukti-bukti prestasi madrasah

(Mohon beri tanda centang pada jenis buktiberikut)

Ringkasan prestasi madrasah menurut indikator dan berdasarkan bukti

Tingkat yang dicapai

RAPBS jangka panjang, menengah, dan tahunan

 





 

Catatan alumni

Catatan hasil pertemuan dengan pemangku kepentigan yang relevan

Catatan pendapatan dari semua sumber

Interviu dengan komite madrasah dan pemangku kepentigan yang relevan.

Laninya (tuliskan)

8.3 Bagaimana cara madrasah menjamin kesetaraan akses?


Spesifikasi dalam standard pembiayaan


q SPP siswa madrasah ditentukan berdasarkan kemampuan ekonomi orang tua
q Madrasah melakukan subsidi silang kepada siswa kurang mampu di bidang ekonomi

Indikator Pencapaian


Tingkat 4

Tingkat 3

Tingkat 2

Tingkat 1


Ø Madrasah kami melayani anak usia madrasah dari berbagai tingkatan sosial masyarakat sekitar, termasuk anak dengan kebutuhan khusus 
Ø Kami mematuhi  standar mengenai biaya SPP dan subsidi silang pembiayaan dan juga memiliki alokasi persentasi untuk memberikan tempat bagi anak yang sangat miskin
Ø Kami mendorong keterlibatan semua golongan siswa (program iklusif) dan mempromosikankesetaraan akses bagi semua peserta didik
Ø Kami merumuskan besarnya SPP berdasarkan kemampuan ekonomi orang tua dan menerapkan prinsip subsidi silang.
Ø Beberapa kelompok dari masyarakat lokal tidak terwakili dalam populasi peserta didik di madrasah kami
Ø SPP dirumuskan berdasarkan kemampuan ekonomi orangtua peserta didik, tetapimadrasah tidak menerapkan subsidi silang dalam beberapa biaya program kegiatan peserta didik.
Ø Kesetaraan kesempatan peserta didik bukan bagian penting dari apa yang madrasah kami lakukan
Ø SPP dan biaya kegiatan madrasah lainnya ditentukan sama untuk semua peserta didik dengan tidak mempertimbangkan kemampuan ekonomi orang tua.















Bukti-bukti prestasi madrasah

(Mohon beri tanda centang pada jenis buktiberikut)

Ringkasan prestasi madrasah menurut indikator dan berdasarkan bukti

Tingkat yang dicapai

Angka peserta didik yang masuk dan keluar

 

 

 

Wawancara dengan anak didik

 

Wawancara dengan orang tua

Wawancara dengan yang mewakili masyarakat

Wawancara perwakilan masyarakat daerah

Catatan SPPyang dibayarkan

Tingkat putus madrasah

Lain-lain














Tidak ada komentar:

Posting Komentar